Monday, October 9, 2017

Tutorial Flashing Indihome ZTE B760H + firmware

Sim…Sim.. Saat yang ditunggu tunggu telah tiba, walupun sempet berpikir tidak mau share nih firmware, akhirnya keputusan dah bulat untuk share firmware beserta tutorialnya jadi jangan takut buat oprek oprek nih STB ^_^. Buat yg nyinyir kalo hasil jiplakan dan sebagainya “This My original Hardwork” saya disini menulis blog dengan bahasa yg dicerna manusia pada umumnya dan tidak pakai bahasa teknik.

oke lanjut !! bahan yg di butuhkan :

  1. komputer windows x86
  2. kabel USB male to USB male
  3. SPflash Tools
  4. Firmware Zte B760H
  5. MTK Vcom Driver
  6. 7-zip extract


USB To USB hasil cloning 😆

Langkah eksekusi, siapin bahan-bahan yg dibutuhkan extract Spflash Tools, firmware ZTE B760H dan MTK Vcom Driver, install MTK Vcom driver lalu buka SpFlash Tools (harus versi yg saya kasih link ya) karena dah di modif biar bisa hajar nih chipset, di tab download buka Scatter-Loading cari file ”MT8127_Android_scatter” dan open pilih Format all + Download lalu klik Download



Siapin STB B760H dan Kabel USB to USB, colok adapter ke STB jangan dinyalakan dahulu, lalu tancap usb to usb ke computer dan Ke STB USB port 1 biarkan driver membaca dan akan ada progress di SpFlash Tools biarkan proses flashing berjalan sampai ada checkmark. Done Again !!!

Noted: nih firmware Mac address dari hasil stb yg saya backup jadi untuk rubah Mac nanti di tutorial selanjutnya. oh iya gan agan dan sis jangan lupa like sama subcribenya ya. agar saya semangat update nya.



175 comments:

  1. master, ini untuk stb yng baru ke update trus di lock app nya bisa kembali di gunakan? soalnya saya sempat nyolokin kabel lan di lan no 4, eh ke update dah firmwarenya, kalo ini apa firmware terdowngrade kalo berhasil di flash?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan ini firmware versi sebelumnya. pasti ke downgrade

      Delete
    2. Terima kasih banyak master, stbnya sehat lagi setelah sempat ke lock karena ter update, sempat colokin lan no 4 ke stb, auto update dan locked, karena saya cuman langganan dual play indihome phone sama internet.

      Delete
    3. mantab, ane jg ke lock stbnya jd ga bisa dipake lg klo login failed, ijin nyoba mastah :D

      Delete
    4. iya om mantap banget.. tapi gak bisa install apk dari sdcard ya om? atau harus di root dulu?

      Delete
    5. Ane berhasil tp muncul error 1901 pas stb nya di nyalain

      Delete
    6. Terimakasih bos, kasus sama, stb saya ter update dan lock APP, sekarang jadi pulih lagi,
      Semoga berkah

      Delete
    7. koq saya habis di download nga bisa di instal ya ...eroro mlulu flash toll dan mtk com nya

      Delete
  2. Mantap master akhirnya nepatin janji juga boleh di share ke group gak master

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo gan jangan lupa credit nya

      Delete
    2. mas ..itu car flass apa otomatis langsung ke root stb new yg sy punya..mks

      Delete
    3. mas ,,bisa email stafsekertaisbpd@gmail.com,,,,,apa setelah flash mac adres harus di ganti atau tidak mas .mks

      Delete
  3. mantap sesuai janji master diupload...tinggal nunggu tutorial ganti mac adressnya...thx master kl bisa dibuat all chanel kebaca tanpa acak di kodi hehehe...sukses master

    ReplyDelete
  4. makasi banyak master,
    stb saya normal lagi :-)

    ReplyDelete
  5. Sdh di test Sukses...terimakasih.
    Percobaan awal salah tancap ke USB2 gak bisa (lampu stb on)
    Percobaan kedua ke USB1 yg dekat slot microsd sesuai tutorial, sukses.
    Nunggu tutorial ubah mac, semangat Mas..jempol

    ReplyDelete
  6. mangstab.... stb B760H melucur kelokasi mas. semoga semakin semangat dalam mengoprek dengan adanya amunisi baru. hehehehe... yang jadi pertanyaan lupa kaoan nih share rubah mac? hehehehe tanggung banget si mas sharenya jadi bikin penasaran. hehehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih gan torry. Pm aja gan mac stb sama serialnya. Nanti tak rubahin

      Delete
    2. pm ke mana gan, biar saya kirim mac dan s/n

      Delete
    3. maaf mas ikut nyimak. itu yg dikirim mac sama poto bagian blakng stb yg mau dirubah ya mac nya ?

      Delete
  7. Mantabbb.... Jadi gak takut oprek ato kena update ota lagi. Next ditunggu utk rilis custom rom nya gan hehehe...

    ReplyDelete
  8. Mantab, ditunggu tutor backup os biar bisa di flash pakai spf flashtoolnya :)

    ReplyDelete
  9. Belum berhasil nih gan, "Download" gak jalan2. Sudah dicoba2 colok ke 2 USB port di STB. Kabelnya 1-1, 2-2, 3-3, 4-4 kan ya? Saya solder sendiri kabelnya, kebetulan punya jack USB kosongan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kabel sesuai jalur. Driber sudah terinstall. Colok usb di port1. Kabelnya mungkin beli aja yg sudah jadi gan. Di online store banyak

      Delete
    2. Udah beres gan, driver 64 bit gak compatible di win10 saya, muncul tanda seru. Akhirnya pakai komputer lain yang win7 driver 32 bit lancar. Thanks

      Delete
    3. Win7 64bit bisa gk om?

      Delete
    4. x64 kagak support driver yg saya kasih, mungkin agan cari driver yg support buat x64 mtk nya

      Delete
    5. Bisa dengan Windows 7 running 64 bits, terimakasih TUTORIALnya, hanya pengalaman saya lebih baik terpasang si kabel USB, klik download, lalu lepas dan pasang lagi si kabel USBnya ke STB.

      Delete
    6. yap, caranya di windows 10, colok kabel usb, klik download, lepas kabel, lalu pasang lagi dan proses berjalan... mantap

      Delete
  10. gan klo untuk STB ZTE ZXV10 B700V5 gmn ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ZTE ZXV10 B700V5 klo ada yg tahu cara merubah mac dan s/n-nya

      Delete
    2. gan, saya udh googling stb zte zxv10b700v5 tapi ga ketemu, bisa dishare cara dan filenya gan ?

      Delete
    3. iya bgmn utk stb zte zxv10 b700v5 utk rootingnya

      Delete
    4. gw juga perlu nie ada yng udah bisa kah

      Delete
  11. Gan ada twrp untuk stb ini

    ReplyDelete
  12. Izin Coba mas .... sambil nunggu untuk rubah Mac nya .. sukses selalu mas ..

    ReplyDelete
  13. mas ter, kalo di falash pake ROM lain bisa gak ya ? tapi untuk IC MTK yg sama dengan itu

    ReplyDelete
  14. Juara pisannn si akang ieu, ditunggu update an tebarunya

    ReplyDelete
  15. Gan...! Ane Sebelum flash nih stb, ane udah catet dulu nih no mac aslinya. terus cara cara masukin mac aslinya gimana.ya..?
    atau pakai software apa yaa?

    ReplyDelete
  16. yang versi ZXV10 B860H cara install aplikasi gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://m.kaskus.co.id/thread/59600a03ddd770093e8b4567/diskusi-all-about-indihome-by-telkom/262

      Delete
    2. Itu gan buat instal aplikasi B860H

      Delete
    3. tak bisa diinstall apk di firmware ini, karena sdcard0 internal modenya read only, Bagaimana caranya install apk dengan firmware ini ?

      Delete
  17. mantab bro....andaikan ada firmware yg versi 2016, yg 2017 bluetoothnya ga aktif bro, kalo yg 2016 dia aktif tanpa root pun, cukup instal launcher aja, anyway great job....
    nunggu tutor ganti mac dan serialnya......

    ReplyDelete
  18. Mas, b760h cara mengaktifkan usb debugging bagaimana yah? Settingnya developer optionnya ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibantu share caranya mas, developer optionnya bisa dibuka juga? Terima kasih

      Delete
  19. habis ane flash ulang setelah kena lock krn lannya kesambung port 4, ane coba nonton via wifi dr playlist iptv, ternyata lama2 ke lock juga, jd sekarang jangan coba2 konek ke jaringan iptv via kabel atau via wifi, buat info aja gan :D
    BTW Mantab gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tidak ke update. Hapus ZteUpgrade gan

      Delete
    2. oh gitu gan, oke nanti dicoba

      Delete
    3. ngapusnya dimana gan yg ZteUpgrade?

      Delete
    4. ZteUpgrade ada di Sytem>app lewat root explorer

      Delete
    5. tp kan blm di root gan utk stb nya? root nya gmn dr app root bisa?

      Delete
  20. proses nya pakek pc/laptop OS 64bit gak bisa ya mas ?? mesti yg x86/32bit.

    ReplyDelete
  21. downgrade doen, namun setelah buka file browser, tidak bisa instal apk, dan launcher tidak muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. install apk harus di pindah apk ke internal

      Delete
    2. nah internal nya, gak mucul, knapa yaa...

      Delete
    3. siapp mantabb boss, sangat bermafaat.. The best....

      Delete
  22. saya tidak berhasil ,. berhenti di download 100% warna merah

    ReplyDelete
  23. mau tanya Gan kenapa file tidak bisa di extrax.semua file zip saya pakai win rar

    ReplyDelete
  24. Replies
    1. Bisa apa gan?
      Udah nyoba diapain aja?
      Kalau ngeluarin pointer waktu dipasang mouse, bisa gak gan?

      Delete
  25. pake irmware lain yg cocok apa ya .. mau jajal aja

    ReplyDelete
  26. brom error:s_storage_not_match (3167)
    gimana gan cara mengatasi error pada flashtool?

    ReplyDelete
  27. cara menampilkan internal gmn ya mastah


    ReplyDelete
  28. fungsi mac adress sama serialnya buat apa ya master kl tdk diubah efeknya aapa?/ thx penjelasannya mastter

    ReplyDelete
  29. Bantuin cara buat kembalikan mac address gan, soalnya kalau ada 2 unit hanya 1 aja yang bisa dipakai pada waktu bersamaan :(

    ReplyDelete
  30. Nunggu firmware 2016
    Butuh menu setting default nya, versi 2017 di hide, pake aplikasi smart quick setting kadang bisa kadang ngga
    Butuh buka menu bluetooth

    ReplyDelete
    Replies
    1. nunggu juga firmware versi 2016

      Delete
  31. Gan minta tutor cara backup firmware dong

    ReplyDelete
  32. nunggu cara buat stb huawei....

    ReplyDelete
  33. cara backup firmware bagaimana?

    ReplyDelete
  34. gan punya an indikator kedip2,apanya yg salah ya,itu pas download adaptor apa harus nyala gan,atau bersamaan pas klik download

    ReplyDelete
  35. gan itu adaptor apa harus dinyalain pas klik download ya,punya an kok dvice vcom ilang ilangan terus ya,jadi gagal download

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan ane pas download flash dalam kondisi nyala, setelah sukses eh stb malah tidak mau nyala, walaupun posisi tombol on, tetapi jika di colok usb ke komputer masih ke detek, saya coba flash di firmware yang berbeda selalu sukses tetapi tidak bisa nyala gan, kenapa ya

      Delete
  36. Gan, ane download firmware sama flashtoolnya kok corrupt ya? ada yg salah kah ?

    ReplyDelete
  37. terima kasih gan,akhirnya stb bisa dipakai lagi,,gara2 kemarin kehapus file di sistem jadi error cuma batas loading indihome,,,oh ya nunggu cara ganti mac addres ne,supaya bisa pakai 2 stb 1 akun

    ReplyDelete
  38. terima kasih gan,sesuai ikuti cara nya stb kembali normal lagi,oh ya cara ganti mac addres gimana ya,supaya bisa pakai 2 stb 1 akun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gmana gan? Mungkin gak? Gka bentrok nanti di network? Klo misal LAN 4 nya saya sambungin ke router baru, terus MAC di router saya ganti pakai MAC STB sata, terus 2 STB nyambung ke router baru pakai wifi. 2 STB ini bisa muter useetv pakai 1 account gak? Cara ini, stb saya bisa useetv pakai wifi. Klo punya stb ke 2, bisa juga gak ya? Hehe.. Mau beli STB lagi kalay bisa...

      Delete
  39. test win 10 64 bit sukses makasih gan akhirnya firmwarenya terdowndrage juga.. thx

    ReplyDelete
  40. gan saya punya ZTE10 B860H STB baru ke lock kira" udah keluar blm firmwarenya gan..minta tolong banget nih kalo bisa saya mau kirim STB nya ke rumah agan buat coba" siapa tau bisa
    Email : irdan.ramadhan51@gmail.com
    WA : 082218128348 gan biar nanti saya fotoin STB nya

    ReplyDelete
  41. hai sebuah pertanyaan?
    Saya memiliki kotak richmedia di negara Kolombia
    Saya melakukan semuanya sebelumnya, tapi saat menghubungkan kabel USB komputer tidak mengenali dospositive.
    Saat menghubungkan usb, kotak tv menyala tanpa terhubung ke pengisi daya
    usb tidak memenuhi fungsinya
    Apakah ada cara untuk menghubungkan kabel terminal laki-laki?

    ReplyDelete
  42. gan punten...noba ..dah berhasil sampe download ok..tapi hasilnya kok malah ngga kedetek di tv nya...port hdmi

    ReplyDelete
  43. harus setting usb debugging dulu ga mas?apa langsung tancap

    ReplyDelete
  44. Terima kasih gan infonya. Ini rom sekalian udah root atau belum ya?

    ReplyDelete
  45. Kok sy gagal terus mas flashnya, progress di toolsnya gak jalan

    ReplyDelete
  46. Kalau rubah Mac address pake punya firmware yg udah diflash atau yg lama .sn nya beda ma yg habis diflash

    ReplyDelete
  47. gan ane coba..dan sampai sukses (download ok_ tapi kok malah jadi mati total....hdmi nya tidak terdeteksi di tv

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama persis kek yang ane alamin nih, kemungkinan gara-gara pas download dalam posisi nyala harusnya mati, tetapi jika usb di colok masih bisa kebaca softwarenya

      Delete
  48. makasih master...its work...di tunggu mac change nya...

    ReplyDelete
  49. Gan, ane punya stb indihome sudah tidak berlangganan lagi gimana caranya ke home screenya ya soalnya punya ane setelah loading muncul ip tidak sesuai ga ke home screenya..

    ReplyDelete
  50. i have flashed my zte b760h but when he run demand login id and password??

    ReplyDelete
  51. internet recovery how to update efi firmware bios for Mac
    This an answer

    ReplyDelete
  52. Firmware ini apakah bisa buat zte b860h?.... Mohon 🙏 pencerahannya

    ReplyDelete
  53. mantap master work... terimakasih

    ReplyDelete
  54. maaf master barangkali tau cara buat backup firmware nya gimana yah? nanti ane kasih pulsa kalau work . hehehe send pm ya master . terimakasih

    ReplyDelete
  55. Maaf gan, kok minta login yah, ada pencerahan,,,

    ReplyDelete
  56. Master boleh share cara back up firmware nya master?

    ReplyDelete
  57. nyoba pake USB PL2303 jalan install lancar tapi stack di download flash masih 0% knp ya

    ReplyDelete
  58. nuoba ke USB PL2303 install jalan tapi pas di download flash masih 0% knp ya

    ReplyDelete
  59. Ada firmware yang ga ada ZteUpgrade nya, biar ga keupdate terus :)

    ReplyDelete
  60. mantabs ni jos gan sukses, bisa youtuban lagi tks..

    ReplyDelete
  61. itu SP flash versi brapa ya gan?saya donlod lewat situ kok gak bisa?ini mau saya coba cari sendiri...

    ReplyDelete
  62. itu SP flash versi brapa ya?saya donlod gak bisa,mksdnya mau cari sendiri gan?

    ReplyDelete
  63. gan kok yang ane gak bisa ya? gak kedetect walau udah ngikutin cara diatas. tolong bantu gan.

    ReplyDelete
  64. tetep aja harus berlangganan useTV ya mas

    ReplyDelete
  65. tetep aja harus berlangganan useTV ya mas

    ReplyDelete
  66. mas posting cara ganti mac address donk

    ReplyDelete
  67. Om mau tanya cara masuk recovery mode gmna yah
    Atau om punya cwm biar bisa beckup rom
    Terimakasih

    ReplyDelete
  68. Firmware B860H 4K serta tutorial flashingnya ditunggu gan terima kasih..

    ReplyDelete
  69. Gan, share firmware buat yg b860h dong, ini ada 2 stb 4k nganggur, nanti dikasi dah stb nya :D

    ReplyDelete
  70. Sambungan usb cloning bagaimana bos, apa cukup sambung kabel sesuai warna?

    ReplyDelete
  71. Mantab suhu, saya coba dan stb saya yg bootloop bisa jalan lagi. tkss

    ReplyDelete
  72. password Rar ny apa gan? "B760H Firm 2017.rar"

    ReplyDelete
  73. Ask: kalo scattter loading nya ga keluar yg salah apa ya master?

    ReplyDelete
  74. maaf mw tanya suhu, klo stb ane msk launcher pke remote ga muncul highlight udh d geser kanan kiri atas bawah gbsa hrus pke mouse, trus setting system ny ga ada, trus sdh posisi root install playstore giliran log in ga konek2, mksh bnyk

    ReplyDelete
  75. maaf mw tanya suhu, klo stb ane msk launcher pke remote ga muncul highlight udh d geser kanan kiri atas bawah gbsa hrus pke mouse, trus setting system ny ga ada, trus sdh posisi root install playstore giliran log in ga konek2, mksh bnyk

    ReplyDelete
  76. mau tanya kalau seandainya berada di RT RW Net, lalu pakai 2 STB di rumah yang berbeda, apakah akan ttp bentrok ?

    ReplyDelete
  77. makasih gan atas tutorialnya. semoga agan sehat terus dan mau berbagi ilmunya.

    ReplyDelete
  78. ijin sedot gan, makasih ilmunya, skalian mu tanya ane pake windows xp. kira-kira bahannya supoort ke wins xp gk ya?

    ReplyDelete
  79. makasih gan udah share fw full rootnya....tapi blm bisa diekstrak,,, filenya dikasih password ya? pm donk gan,,,

    ReplyDelete
  80. mohon bantuannya gan,,pass file fwfullrootny....Terima Kasih

    ReplyDelete
  81. file scatter loading nya tidak ada, nyarinya dimn gan

    ReplyDelete
  82. Thanks God nemu artikel ini, STB sy bisa terpakai lagi.. makasi ya gan, nice work!! Btw knp tidak update lagi blognya, padahal mantap nih agan ilmunya.. hehe saya juga nunggu update cara rubah mac address, sementara sambil nggu saya mau root dulu deh, tapi masih nyari usb to ttlnya, sekali lagi makasi gan.. lanjutin lagi dong karya2nya..

    ReplyDelete
  83. Buat rooting stb huawei yg v9 tolong dong gan

    ReplyDelete
  84. hello
    I used this method but my device does not start problem " User Login " User id and password ...can you help me

    ReplyDelete
  85. gan ada no wa gan starcctv89@gmail.com ya gan

    ReplyDelete
  86. boss , nich ZTE B760H ..... kalau mau di di format jadiin linux ubuntu gitu bisa gak sich boss ?

    ReplyDelete
  87. punya ane tancap usb kog ngg ndetak ya

    ReplyDelete
  88. Gan sp flash tool nya kalau dibuka keluar masage the scatther file cannot found please make sure the file in aksis before download

    ReplyDelete
  89. Gan sp flash tool nya keluar masage the scetter file cannot found, please make sure the file is axist before download. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  90. Gan ane knp eror kaya gini ya enable dram failed 4032

    ReplyDelete
  91. gan ane udah flash, tapi masih ke LOCK, gara2 apa ya?

    ReplyDelete
  92. mas kalo flasnya pake usb ttl bisa gak,

    ReplyDelete
  93. gan kenapa muncul user password

    trus ap user password nya

    ReplyDelete
  94. gan setelah download spflash tools kok saya cari file MT8127_Android_scatter tidak ketemu ya...dimana ya gan.mohon petunjuknya

    ReplyDelete
  95. Request b860h gan , ganti stb -mac .

    ReplyDelete
  96. Gan Flashing nya berhasil
    tapi mau instal aplikasi tidak bisa
    mau di copy file apk nya dari MMC ke internal
    internalnya tidak muncul gan
    mohon bimbingannya
    makasih...

    ReplyDelete
  97. Internal stb tidak muncul
    gimana solusinya Gan...?

    ReplyDelete
  98. Om, and dah sukses flashing dengan file yg om kasih, Cara ngerubah MAC Address nya kembali ke aslinya gimana om? Mohon tutorialnya om ya.. Gracias om... Ditunggu ya...

    ReplyDelete
  99. gan cara donwload scatter nya gmn (newbie)

    ReplyDelete
  100. Gan, klo pake 2 STB supaya gak kena unbind gmn ya, Gan bisa bantu solusi? server UseeTV itu baca mac address atau STBID ya gan??

    ReplyDelete
  101. Gan.... Tutorial ganti MAC nya mana nih?
    Hehe.. Di tunggu ya...

    ReplyDelete
  102. Gan. Au nanya punya ane. Ada kata2 storage tipe mismatch.

    ReplyDelete
  103. saya coba kok login failed ya om.....

    ReplyDelete
  104. untuk yang b700v5 apakah sama gan

    ReplyDelete
  105. Permisi gan stb ane kok malah ada masukin user password ya ?

    ReplyDelete
  106. gam bagaimana stb b860h saya agar bisa berselancat bebas seperti tv box yanpa meminta login fail please try again..mohon pentinjuk gan..

    ReplyDelete
  107. GAN, FLASH SUKSES,,,CUMAN STB SAYA JADI GAK BISA PLAY...NOTIF "GAGAL MASUK, MOHON COBA KEMBALI BEBERPA SAAT LAGI"...MINTA SOLUSINYA MASTAH????

    ReplyDelete
  108. mau tanya gan ini stb sy blm ada file xplor kalo pake fremware ini udh ada file xpoler kah?

    ReplyDelete
  109. Trims Mas berhasil...cuma masalahx skarang pas dihidupin minta username sama pasword jadi gak bisa masuk...bisa bantu mas username sama paswordnya apa? trims

    ReplyDelete
  110. tolong bantuannya gan...setiap kali coba flash muncul pesan "s_storage not match"

    ReplyDelete
  111. tolong gan solusinya "S_Storage_not_match (3167)
    lampu stb tidak hidup...di komputer ke detect aja...trims atas bantuannya

    ReplyDelete
  112. apakah firmware ini B760h bisa di pakai pada perangkat b860H

    ReplyDelete
  113. gan link 7-zip nya bermasalah
    bisa di bantu gan

    ReplyDelete
  114. Gan untuk nyambung warna kabel usb male sama usb malenya warna apa ketemu warna apa gan?

    ReplyDelete
  115. bisa bantu cara perbaiki salah update firmware, krn stb sy mati, bisa ke detek tapi sdh g bisa di flash krn error, drivernya g msk ke bootloader

    ReplyDelete
  116. Sukses flash cuma mentok di useetv error' 1901
    Solusi gmana gan

    ReplyDelete